6 Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Skill Coding

Diposting pada

Di era yang semakin modern ini, ponsel kini tak hanya sekedar bisa digunakan untuk telepon dan sms saja. Sekarang ini, ponsel hadir dengan spesifikasi yang lebih canggih. Perkembangan teknologi yang semakin maju turut memperkenalkan berbagai smartphone Android yang sangat mumpuni. Smartphone Android ini bisa anda manfaatkan untuk berbagai keperluan dengan adanya aplikasi di dalamnya. Ponsel Android memang dibekali dengan berbagai aplikasi bawaan yang membawa fungsi berbeda-beda.

Tiap ponsel Android membawa aplikasi bawaan yang tak selalu sama. Anda bisa mengunduh aplikasi lain yang belum ada di ponsel Android anda di Google Play Store dan lain sebagainya. Selain mengunduh aplikasi, anda juga bisa mendapatkan aplikasi yang anda mau dengan membuatnya sendiri. Cara membuat aplikasi Android ini cukup mudah dilakukan. Pasalnya, aplikasi Android sendiri pun relatif mudah untuk dimodifikasi. Maka dari itu, tak ada salahnya anda coba membuat aplikasi Android sendiri.

Cara Membuat Aplikasi Android

Berikut ini adalah kumpulan cara membuat aplikasi Android selengkapnya untuk anda.

1. iBuild App

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membuat aplikasi Android ialah memanfaatkan iBuild App. iBuild App bukanlah software. Akan tetapi, iBuild App ini adalah website yang bisa anda dapatkan di iBuildApp. Dengan menggunakan iBuild App ini, anda akan mendapatkan berbagai macam template yang bisa anda pilih untuk membuat aplikasi Android sendiri. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah memilih salah satu template yang disediakan dan mengisi data yang dibutuhkan. Adapun komponen atau data yang perlu anda isi diantaranya yaitu tombol akses, layout, halaman aplikasi, dan masih banyak lagi lainnya. Semua hal yang anda butuhkan untuk membuat aplikasi Android bisa anda temukan di iBuild App ini.

2. MIT App Inventor

MIT telah mengembangkan situs bernama MIT App Inventor yang bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi Android dengan mudah. Di dalam website MIT App Inventor ini terdapat berbagai macam template layout yang sangat anda butuhkan ketika akan membuat aplikasi Android. Adapun langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat aplikasi Android melalui MIT App Inventor ini ialah memilih klik Create an App. Setelah itu, anda hanya perlu membuat proyek aplikasi Android yang anda inginkan. Semua komponen aplikasi Android yang anda butuhkan tinggal anda drag and drop. Ketika anda memilih cara membuat aplikasi Android dengan MIT App Inventor ini, anda harus tahu betul apa yang anda simpan pada template.

3. Android Studio

Membuat aplikasi Android tidak mengharuskan anda untuk memiliki kemampuan coding. Pasalnya, dengan menggunakan Android Studio, anda yang tidak memiliki kemampuan coding tetap bisa membuat aplikasi Android sendiri dengan mudah. Caranya, anda hanya perlu download dan menginstal Android Studio. Sebelum memulai membuat aplikasi Android dengan perangkat lunak ini, pastikan dulu bahwa komputer anda telah install Java SE Development Kit 7. Android Studio dan Java SE Development Kit 7 bisa anda dapatkan secara gratis. Apabila keduanya telah siap, selanjutnya anda bisa memulai proyek aplikasi Android. Manfaatkan semua fitur yang ada di Android Studio.

4. Parallel Space

Cara membuat aplikasi Android selanjutnya ialah menggunakan Parallel Space. Parallel Space ini merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengkloning aplikasi yang anda inginkan. Aplikasi Parallel Space ini telah dilengkapi dengan cleaning, theme app, security (password), dan banyak lagi lainnya. Aplikasi gratis ini tersedia di Indonesia. Adapun langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk membuat aplikasi Android dengan Parallel Space ialah mendownload dan menginstal Parallel Space terlebih dahulu. Setelah itu, anda klik tanda plus (+) dan pilih aplikasi yang ingin anda gandakan. Kemudian klik Add to Parallel Space. Cara ini mudah sekali untuk dilakukan.

5. AppsGeyser

Anda juga bisa membuat aplikasi Android dengan menggunakan situs AppsGeyser. Situs ini membawa tampilan yang menarik dengan beragam kemudahan. Dengan menggunakan AppsGeyser ini, anda bisa lebih mudah dan cepat membuat aplikasi Android sendiri. Di dalam AppsGeyser ini terdapat berbagai kategori yang bisa anda manfaatkan, diantaranya yaitu RSS, messenger, map, dan banyak lagi lainnya. Tak hanya aplikasi Android saja, anda juga bisa membuat game Android dengan AppsGeyser ini. Disamping itu, anda juga bisa publish langsung aplikasi yang telah anda buat.

6. AppyPie

AppyPie menjadi pilihan terbaik lainnya untuk anda yang ingin membuat aplikasi Android. Di dalam situs AppyPie ini terdapat berbagai kategori seperti bisnis, informasi, edukasi, bisnis online, fotografi, dan masih banyak lagi lainnya. Adapun cara membuat aplikasi Android menggunakan AppyPie ini hanyalah dengan melakukan drag and drop. Pilih saja kategori yang disediakan. Setelah itu, pilih temanya. Selanjutnya, anda hanya perlu mengikuti intruksi hingga melakukan publish aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *