7 Cara Menghilangkan Iklan di Android Terbukti Ampuh

Diposting pada

Smartphone Android kini semakin diminati para pecinta gadget. Android itu sendiri adalah salah satu sistem operasi terpopuler yang banyak digunakan pada smartphone terbaru. Sistem operasi Android ini dihadirkan secara open source. Hal ini berarti bahwa dalam hal pendistribusiannya, smartphone Android tidak membutuhkan licensi, tak terkecuali untuk modifikasi sistem operasinya. Kekurangannya, Android open source ini mudah untuk disusupi iklan yang tentu saja sangat mengganggu.

Iklan yang tiba-tiba muncul di smartphone Android tak hanya ditempel pada aplikasi saja, akan tetapi juga dipasang di website. Adapun iklan lain yang juga sangat mengganggu ialah iklan popup. Ketika kita tengah browsing, tiba-tiba muncul iklan dan membuat kita salah klik. Kita akan dibawa ke web lain yang tidak kita butuhkan sama sekali. Hal ini sangat menjengkelkan. Sebenarnya, iklan di smartphone Android bisa anda hilangkan dengan mudah. Cara menghilangkan iklan di Android ini dapat dilakukan tanpa root.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Untuk anda yang merasa kesal dengan iklan di smartphone Android, anda bisa simak kumpulan cara menghilangkan iklan di Android berikut ini.

1. Zemana Antivirus & Security

Cara menghilangkan iklan di Android yang pertama ialah dengan menggunakan Zemana Antivirus & Security. Cara ini bisa anda lakukan apabila iklan sulit untuk dilacak. Dengan menggunakan Zemana Antivirus & Security ini, anda bisa mengetahui aplikasi yang membawa iklan berbahaya. Zemana Antivirus & Security akan scan aplikasi yang menyebarkan iklan mengganggu. Adapun caranya ialah dengan mendownload dan instal Zemana Antivirus & Security terlebih dahulu. Setelah itu, pilih Full Scan dan tunggulah hingga proses scan selesai. Selanjutnya, anda hanya perlu menghapus file-file yang ada virusnya.

2. UC Web Browser

Apabila anda belum memiliki UC Web Browser, anda harus mendownload dan menginstalnya terlebih dahulu. Setelah itu, anda masuk ke menu setting. Klik saja menu setting yang ditampilkan. Kemudian anda aktifkan menu adblock dengan cara mencentang pilihan adblocker dan adblocker nakal. Selesai. Dengan cara ini, kini anda tidak akan diganggu lagi oleh iklan-iklan yang tidak diinginkan.

3. CCleaner

CCleaner ini bisa anda gunakan untuk menghapus file-file sampah yang mungkin saja mengandung iklan di dalamnya. Langkah pertama yang perlu anda lakukan ialah mendownload dan menginstal CCleaner. Setelah terpasang, anda jalankan CCleaner tersebut. Selanjutnya, anda pilih Analyze dan tunggu sampai prosesnya selesai. Apabila telah sukses, anda klik selesai dan pilih Cache. Lalu pilih Clean. Cara ini sebaiknya tidak dilakukan sesering mungkin. Pasalnya, kinerja dan performa smartphone Android dapat menurun apabila cache terlalu sering dihapus.

4. Chrome

Chrome ternyata bisa anda manfaatkan untuk memblokir iklan yang muncul secara tiba-tiba di smartphone Android anda. Cara menghilangkan iklan di Android dengan Chrome ini cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke setting. Setelah itu, pilih setelan situs. Pada munculan/pop up, anda pilih diblokir. Dengan cara ini, Javascript Browser telah dimatikan. Hal ini membuat iklan popup terhenti. Anda bisa menggunakan smartphone Android anda dengan nyaman tanpa ada gangguan iklan yang menjengkelkan.

5. AdClear

Iklan di smartphone Android juga bisa anda hilangkan dengan menggunakan AdClear. Caranya, anda download dan instal AdClear terlebih dahulu. Setelah terpasang, anda jalankan AdClear dan klik tombol Power. Lalu klik ok pada pemberitahuan VPN. Tunggu sebentar sampai prosesnya selesai. Namun jika cara ini tidak berhasil memblokir iklan, anda bisa jalankan lagi AdClear dan pilih Advance Protection. Selanjutnya, anda pilih Enable Advance Protection dan klik ok.

6. NoRoot Firewall

NoRoot Firewall ini mampu mengendalikan lalu lintas internet. Tak hanya itu saja, NoRoot Firewall juga mempunyai fitur yang bisa memblokir koneksi internet pada saat digunakan untuk game atau aplikasi tertentu. Meski game atau aplikasi yang anda jalankan diblokir, ponsel Android anda masih bisa terhubung ke internet. Anda pun masih bisa chatting ataupun browsing. NoRoot Firewall ini bisa anda gunakan tanpa perlu melakukan root pada smartphone Android anda. Caranya, anda download dan instal NoRoot Firewall terlebih dahulu. Kemudian jalankan dan pilih aplikasi yang ingin anda blokir iklannya.

7. Uninstall Aplikasi

Anda mungkin pernah menemukan aplikasi yang tiba-tiba terinstal di smartphone Android anda. Aplikasi yang muncul diam-diam tersebut seringkali membawa iklan popup yang sangat mengganggu. Tak hanya iklan popup, aplikasi tersebut biasanya juga dipenuhi dengan malware dan virus. Langkah terbaik untuk mengatasi masalah ini ialah uninstall aplikasi tersebut sehingga iklan tak bisa mengganggu lagi. Caranya, anda buka settings. Setelah itu, anda masuk ke Installed Apps. Anda cari aplikasi tertentu yang mencurigakan. Aplikasi yang muncul secara tiba-tiba padahal anda tidak mendownloadnya. Kemudian uninstall aplikasi tersebut. Kini anda tidak akan diganggu lagi iklan yang menjengkelkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *