cara root Android dengan PC

Cara Root Android Dengan PC Mudah dan Cepat

Diposting pada

Root mungkin adalah istilah yang sudah tidak asing lagi terutama bagi pengguna smartphone berbasis Android. Root sendiri adalah sistem akun dengan kekuasaan absolut yang dapat digunakan untuk mengakses serta mengeksekusi semua file, system, serta command dalam sistem operasi berbasis Linux. Intinya, root memiliki akses tanpa batas yang dapat mengubah, menambah, menghapus bahkan merusak smeua yang ada dalam sistem ponsel kita. Nge-root dapat diartikan sebagai nge-hack sistem ponsel agar pemilik memiliki akses ke dalam account root tersebut, sehingga kitalah yang nantinya akan memiliki kekuasaan. Sebelum mengetahui bagaimana cara root Android dengan PC, kita bahas terlebih dahulu apa saja fungsi root.

 

Fungsi Root Pada Perangkat Android

Kegunaan root pada perangkat Android ialah memberi hak penuh pada pengguna agar dapat masuk dalam sistem Android. Dengan melakukan root, maka pengguna akan dapat menambah, mengurangi hingga melakukan modifikasi pada file serta data pada sistem Android. Dalam keadaan standar atau belum di-root, file-file ini tidak akan dapat diakses. Jika diibaratkan dengan sistem operasi pada komputer, maka fungsi root pada perangkat Android ialah memberi hak administrator pada pengguna.

 

Lalu, apa gunanya ponsel Android yang telah di-root? Berikut adalah guna dari ponsel Android yang telah melewati proses root.

  1. Akses tak terbatas pada sistem Android
  2. Uninstall aplikasi bawaan dari vendor
  3. Instalasi aplikasi pada memory card serta instal aplikasi yang butuh untuk di-root
  4. Backup app+ system
  5. Melakukan instalasi ROM custom
  6. Overlock prosesor sehingga dapat meningkatkan performa secara keseluruhan, namun fitur ini akan dapat membuat konsumsi baterai lebih boros
  7. Akses pada file-file dalam sistem Android secara total
  8. Pengguna Android di bawah versi 4.0 akan dapat menggunakan BBM dengan cara mengganti custom ROM dengan rooted terlebih dulu Android tersebut.

 

Cara Root Android Menggunakan PC Melalui Root Genius

Proses root juga dapat digunakan melalui Android tanpa membutuhkan perangkat PC sama sekali. Akan tetapi apabila root menggunakan PC tetap gagal, maka solusinya adalah menerapkan cara root Android dengan PC. Aplikasi root untuk PC sangat banyak macamnya, akan tetapi ada beberapa yang populer dan sering digunakan Android users. Pada prinsipnya, cara root menggunakan aplikasi sama saja. Aktifkan terlebih dahulu UBS Debugging, buka Settings dan klik About Phone. Tekan build number hingga muncul peringatan berbunyi You Are Now Developer. Kembali ke Settings dan pilih Developer Options, lalu centang pada pilihan USB Debugging.

 

Dengan menggunakan aplikasi, salah satunya adalah Root Genius. Berikut adalah langkah-langkah cara root Android dengan PC.

  1. Unduh terlebih dahulu Root Genius for PC
  2. Matikan antivirus sementara pada PC dan jalankan aplikasi Root Genius pada PC. Tidak perlu khawatir karena root sama saja seperti hack perangkat sendiri
  3. Sambungkan PC ke ponsel menggunakan kabel USB
  4. Centang pilihan I Accept kemudian tekan tombol Root It. Tunggu hingga proses selesai.
  5. Jika sudah selesai, cabut ponsel dari PC, apabila telah berhasil maka akan ada aplikasi baru bernama Kinguser
  6. Apabila kita berubah pikiran dan mau melakukan Unroot, maka prosesnya pun semudah root tadi, cukup buka kembali aplikasinya lalu klik Unroot It.

 

Cara Root Android Dengan PC Melalui Aplikasi Lain

Selain Root Genius, masih ada lagi beberapa cara root Android dengan PC yang dapat kita lakukan. Salah satunya adalah aplikasi Kingo Root.

  1. Unduh aplikasi Kingo Root terlebih dahulu
  2. Hubungkan ponsel dengan PC menggunakan kabel USB.
  3. Tunggu hingga Kingo Root mengenali perangkat PC
  4. Tekan tombol Root, tunggu hingga proses berhasil dan akan muncul Root Succeced

 

Aplikasi lain yang dapat digunakan ialah iRoot. Sama seperti dua aplikasi sebelumnya, iRoot juga mudah digunakan.

  1. Unduh aplikasi iRoot
  2. Buka aplikasinya dan tekan tombol hijau pada bagian bawah.Tekan tombol hijau root yang ada di bagian kanan bawah lalu tunggu hingga proses root berakhir
  3. Saat sudah muncul tampilan jendela pop up, perangkat menyala ulang secara otomatis. Perangkat sudah bisa kita cabut
  4. Root manager tersedia dalam bahasa Cina, sehingga kita dapat mengganti root manager menggunakan SuperSU. Install terlebih dahulu SuperSU dari Playstore lalu tekan Yes.
  5. Untuk melakukan unroot, buka kembali aplikasi iRoot lalu tekan tombol Unroot.

 

Pada dasarnya cara root Android dengan PC menggunakan aplikasi apapun sama saja, yaitu cukup unduh aplikasi, jalankan aplikasinya, sambungkan ponsel dengan PC, klik pilihan Root dan tunggu hingga proses selesai. Masih ada lagi beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk root Android, namun beberapa aplikasi di atas termasuk yang paling sering digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *